7 Cara Melatih Diri Untuk Menjaga Perasaan Takut (Khauf) Kepada Allah

By
Selamat datang di situs asahid.com situs probadi yang lebih pantas lagi kalo di sebut blog.
Nah kali ini Ahmad Sahid atau disingkat asahid akan memberikan tips untuk Menjaga Perasaan Khauf Kepada Allah. Selamat Menyimak ...!

Abu Laits berkata bahwa untuk melatih diri menjalani perasaan khauf (Perasaan Takut) kepada Allah ada tujuh hal yang harus ditekuni.

apa saja yang termasuk tujuh hal tersebut:





1. Pertama adalah lisan.

 Artinya lisan harus senantiasa takut kepada Allah swt dengan menjaganya agar tidak terperososk ke dalam kebohongan, pergunjingan, dan banyak bicara. Sibukkanlah lisan kita dengan berdzikir kepada Allah swt.

2. Kedua adalah hati.

 Artinya hati haruslah takut kepada Allah dengan cara membersihkan berbagai penyakitnya seperti permusushan, kejahatan dan hasud. Karena seseungguhnya hasud (dengki) adalah penyakit paling berbahaya dalam hati. hasud dapat menghilangkan pahala kita sebagaimana api menghabiskan kayu bakar.

3. Ketiga adalah mata.
 Artinya Mata harus merasa takut kepada Allah swt dengan cara menghindarkannya dari melihat berbagai makanan dan minuman yang diharamkan. Serta menghindarkannya dari kesenangan melihat kemewahan dunia, kalaupun melihat dunia, itu dilakukan dengan penuh tafakkur.

4. Keempat adalah perut.
 Perut harus merasa takut kepada Allah dengan cara menghindari berbagai makanan yang haram walaupun hanya satu suapan. Karena ketika perut mengandung sesuap makanan haram, maka semua malaikat di langit dan bumi akan melaknatnya, dan ketika mati maka neraka jahannamlah tempatnya.


5. Kelima adalah tangan.
 Tangan harus merasa takut kepada Allah, jangan pergunakan tangan untuk bermaksiat kepada-Nya tapi manfaatkanlah tangan itu untuk taat kepada-Nya.

6.Keenam adalah telapak kaki.
 Gunakanlah telapak kaki ini untuk berjalan menuju kepada ridho-Nya dan jangan sekali-kali digunakan menuju kedurhakaan. Dan terakhir adalah:


7. Taat kepada Allah dengan hati yang tulus ikhlas.

Dengan demikian Abu Laits telah memberikan satu petunjuk praktis mempelajari khauf. Semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan oleh Allah dalam pendakian menuju puncaknya. Ya Allah kami hambamu ini bukanlah orang yang dapat dengan mudah merasa takut kepada mu, tapi apa susahnya bagi-Mu mempermudah perasaan itu hadir dalam diri kami…amien

1 comments:

Ahmad Sahid said...

Semoga kita bisa punya rasa Khouf kepada Allah. Amiin